You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
40 Warga Ikuti Pelatihan Penanggulangan Banjir
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

40 Warga Cipinang Melayu Dilatih Penanggulangan Banjir

Sebanyak 40 warga RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, mengikuti pelatihan penanggulangan bencana banjir, Senin (31/7). Sebab wilayah permukiman tersebut hingga kini masih rawan banjir.

Ada 40 peserta yang mengikuti pelatihan penanggulan banjir oleh tim rescue kami. Kawasan ini sering banjir karena berada di daerah cekungan

Dalam pelatihan ini, para peserta mulanya diberikan edukasi tentang bahaya banjir. Kemudian ada teori penanganan dan evakuasi korban banjir. Lalu dilanjutkan dengan praktik evakuasi korban banjir yang dilakukan di Kalimalang menggunakan perahu karet.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Darwin Ali mengatakan, latihan ini dilakukan oleh tim rescue. Saat hujan deras dan adanya kiriman banjir dari Bogor melalui Kali Sunter, kawasan permukiman di RW tersebut kerap tergenang.

Sosialisasi Kebakaran Digelar di RPTRA Budi Mulya

"Ada 40 peserta yang mengikuti pelatihan penanggulan banjir oleh tim rescue kami. Kawasan ini sering banjir karena berada di daerah cekungan," kata Darwin.

Kepala Seksi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko menambahkan, latihan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPBM). Kegiatan ini dikoordinir oleh Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bersama Sudin Gulkarmat Jakarta Timur.

"Setelah latihan tentang banjir akan dilanjutkan dengan latihan penanggulangan kebakaran pada hari Sabtu pekan ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye804 personFolmer